Comment Images: MyCommentSpace.com myspace comments

Selasa, 25 April 2017

Situasi di Tempat Kerja dengan Pekerjaan yang Menumpuk dan Membosankan



Assalamualaikum..
Pada penulisan ini saya ingin berbagi salah satu pengalaman menarik atau dapat dikatakan juga pengalaman ini adalah bagaimana cara saya melewati masa-masa sulit ketika berada di situasi dimana banyaknya pekerjaan yang menumpuk dan membosankan pada tempat kerja. Selama menjadi mahasiswa, saya juga berstatus sebagai asisten laboratorium di LEPKOM Jaringan Komputer. Situasi itu mulai saya rasakan pada saat semester 6 dimana dosen yang saya dapatkan pada semester itu dapat dikatakan sangat rajin dalam memberikan pekerjaan atau tugas yang harus dikerjakan dirumah. Pada saat itu juga saya dituntut untuk dapat menyelesaikan penulisan ilmiah sebagai syarat untuk mendapatkan surat keterangan untuk lulus melalui jalur skripsi.
Oleh karena itu, saya dituntut untuk dapat membagi bahkan mencuri waktu untuk mengerjakan semua pekerjaan tersebut agar tidak menumpuk hingga menimbulkan rasa bosan dalam bekerja. Memang hal tersebut sulit untuk dilakukan karena pada dasarnya semua manusia memiliki rasa bosan terhadap suatu aktifitas yang terlalu monoton atau maksud saya adalah melakukan aktifitas yang sama, dilakukan secara terus menerus, dan juga terus berulang. Ini menyebabkan saya untuk terus membuang-buang waktu dengan bermalas-malasan dan mencari hiburan untuk menghilangkan rasa bosan akan banyaknya pekerjaan yang menumpuk baik dari kampus, lab, dan pekerjaan rumah. Contohnya seperti bermain game online dengan teman, hangout, menonton tv, dan lain-lain. Padahal tanpa disadari saya sudah membuang banyak waktu dan memperbanyak pekerjaan yang menumpuk yang mungkin akan diberikan pada keesokan harinya.
Terkadang dalam mengisi waktu luang untuk menghilangkan rasa bosan tersebut justru memberikan tekanan juga pada diri saya, karena sayapun menyadari bahwa yang saya lakukan hanyalah semakin memperburuk keadaan. Sayapun teringat akan peribahasa “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Mungkin saat ini saya berada di masa-masa sulit dimana harus bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja dimana keduanya benar-benar membosankan, namun dengan focus dan konsisten dalam menyicil sebuah pekerjaan dan menyelesaikannya satu-persatu maka beban pekerjaan akan semakin berkurang dan ketika semua pekerjaan sudah terselesaikan, inilah waktu yang paling tepat untuk melaksanakan aktifitas favorit seperti melakukan hobi, hangout dengan komunitas, dan lain-lain. Itu adalah salah satu cara saya dalam menghilangkan rasa jenuh dan bosan akan pekerjaan yang menumpuk. Untuk menghilangkan rasa bosan akan aktifitas yang bisa dibilang monoton itu sendiri dengan selalu bersyukur bahwa apa yang telah dapatkan dan raih hingga sejauh ini tidaklah mudah dan mungkin banyak sekali orang lain yang menginginkan berada di posisi saya. Sayapun harus bersyukur juga karena memiliki orang tua selalu bekerja keras untuk membiayai hidup dan membahagiakan saya hingga saat ini tanpa berkeluh kesah pada saat pekerjaan mereka mungkin sedang menumpuk dan dirasa sudah bosan. Sehingga inilah yang selalu menjadi pemicu semangat saya untuk terus belajar khususnya dalam membagi waktu dan mencari metode untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dan menghilangkan rasa bosan hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar