Comment Images: MyCommentSpace.com myspace comments

Sabtu, 24 September 2016

Bagaimana Mencari Informasi Peluang Usaha di Bidang IT?


Perkembangan zaman yang semakin modern menuntut setiap orang untuk mencari informasi terbaru. Teknologi informasi sangatlah bermanfaat dalam membantu pekerjaan manusia yaitu untuk memperoleh informasi, berkomunikasi, dan memenuhi keperluan bisnis yang menjadi topik utama pembahasan pada post ini. 
Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu perusahaan yang dapat menangani akan hal  itu diberbagai situasi yang menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi ( ICT ).
Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, dan, bahkan, dalam menghadapi persaingan.
Oleh karena itu, ditemukanlah beberapa pertanyaan yaitu :
  1. Bagaimana mencari informasi peluang usaha di bidang TI?
  2. Apa saja tahapan pengembangan usaha?
  3. Bagaimana perkembangan bisnis teknologi dunia?

Bagaimana mencari informasi peluang usaha di bidang TI?
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mencari informasi peluang usaha di bidang TI.
  • Mengetahui Kemampuan dan Kepribadian Diri 
Mengetahui kemampuan dan kepribadian diri adalah tolak ukur pertama sebagai seorang enterpreneur. Karena seseorang harus mengetahui passionnya sendiri, apakah di bidang Software House? Konsultan IT? Distributor dari Produk IT? atau bisa juga Training dan Pendidikan pada bidang IT. Apabila telah menemukan passion yang tepat maka seorang enterpreneur dapat memfokuskan mempelajari atau menekuni satu bidang tersebut agar dapat dikembangkan dalam membentuk bisnisnya.

  • Peluang yang Dihadapi
Seorang enterpreneur harus mengetahui dan mempertimbangkan peluang yang dihadapi. Apakah usaha/bisnis yang ia kelola akan berpeluang sukses. Hal ini berhubungan dengan bisnis yang dikembangkan dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen, apakah cocok dengan lingkungan dimana bisnis tersebut akan berkembang, dan juga bagaimana situasi persaingan pada bisnis yang akan dikembangkan.

  • Kebutuhan/Keinginan Konsumen
Seorang enterpreneur harus dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen jika ingin bisnis yang dikembangkan berhasil atau sukses.

  • Memiliki Dana yang Dibutuhkan
Tentu saja untuk memulai atau mengawali bisnis dibutuhkan modal atau dana. Modal atau dana dapat digunakan untuk membeli bahan baku atau menambah sumber daya manusia dan teknologi jika diperlukan kedepannya.

  • Lingkungan yang Dihadapi
Seorang enterpreneur harus mengetahui lingkungan yang cocok untuk mengembangkan bisnis karena akan berpengaruh terhadap persaingan bisnis dan keinginan dan kebutuhan konsumen.

  • Situasi Persaingan
Seorang enterpreneur harus dapat mempelajari situasi persaingan bisnis pada bidang yang dikembangkan. Persaingan adalah hal yang biasa, namun tetap saja harus mengetahui apakah bisnis yang dikembangkan nantinya akan berjalan dengan sukses atau justru kalah dalam persaingan.

  • Dukungan dari Pemerintah
Usaha atau bisnis yang dikembangkan harus mendapat dukungan dari pemerintah, karena jika bertentangan dengan kebijakan pemerintah, bisnis yang didirikan akan sulit bahkan tidak akan dapat berkembang.


Sumber Referensi: 
1. http://kampoeng-it.blogspot.co.id/2014/12/tugas-studi-kasus-peluang-usaha-di.html
2. https://idadwiw.wordpress.com/2014/06/11/peluang-usaha-di-bidang-ti-technopreneurship/
3. http://web.binus.ac.id/bec/Articles/Articles2.aspx
4.https://taniakharismaya.wordpress.com/2015/05/31/pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-komunikasi-bisnis/ 
5. http://yulistny.blogspot.co.id/2016/09/mencari-informasi-peluang-usaha-di_20.html
6. http://rizkanovrihardiyantii.blogspot.co.id/2013/12/softskill-desember-1-tahap-tahap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar